4 Cara Simple Mendesain Ruangan Kantor Agar Semakin Produktif

mendesain ruangan kantor

Produktifitas tim startup menjadi hal yang penting diperhatikan bagi setiap founder startup. Karena jika tim startup atau perusahaan anda semakin produktif, maka startup kalian bisa lebih cepat growth-nya. Memang banyak cara untuk meningkatkan produktifitas sebuah tim, tetapi ada cara simple & murah untuk meningkatkan produktifitas yaitu dari desain ruangan kantor saja.

Lalu, bagaimana mendesain ruangan kantor yang dapat membuat tim atau karyawan semakin produktif? Setidaknya ada 4 cara mudah & murah untuk membuat ruang kerja tim startup anda dapat meningkatkan produktifitas karyawan anda.

4 Cara Simple Mendesain Ruang Kantor Agar Semakin Produktif

Desain ruangan kantor yang baik dapat meningkatkan produktivitas kerja dan kesejahteraan karyawan. Ruangan kantor yang didesain dengan baik dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan motivasi karyawan dalam bekerja. Berikut ini adalah 4 cara sederhana untuk mendesain ruangan kantor agar semakin produktif:

1) Open Space

Membuat ruang kantor menjadi open space alias tidak bersekat sebetulnya tidak membutuhkan biaya yang sangat mahal. Mengapa desain ruang kerja yang open space dapat meningkatkan produktiftas? Dengan ruang kerja open space atau cubicle less dapat membuat anggota tim anda lebih mudah berinteraksi & komunikasi satu sama lain. Bahkan membuat anggota tim satu dengan lainnya lebih dekat & erat.

Kenyamanan bekerja dimulai dari hubungan antar anggota tim terlebih dahulu bukan?

2) Pencahayaan Yang Cukup Menerangi Ruangan

Salah satu yang cara mudah mendesain ruang kantor yang dapat meningkatkan produktifitas adalah memiliki pencahayaan yang cukup terang. Tahukah anda jika kondisi pencahayaan yang buruk dapat menurunkan hormon kortisol dalam tubuh? Hormon kortisol berpengaruh untuk tingkat metabolisme tubuh seseorang.

Menurut mformcg, pencahayaan yang buruk dapat membuat seseorang mudah stress akibat rendahnya hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu, desainlah ruang kantor yang dapat memiliki pencahayaan yang cukup, terutama pencahayaan alami dari matahari.

Baca juga: 5 Fasilitas Coworking Space Yang Wajib Ada!

3) Buatlah Space Untuk Bersantai

Membuat space untuk bersantai tidaklah mahal kok! Buatlah sebuah space santai yang sangat sederhana, kalian bisa memanfaatkan sedikit pojok ruangan yang tidak terpakai untuk ruang membaca hingga ruang bermain untuk permainan sederhana seperti board games, catur, dart, hingga kartu uno! Karena sewaktu – waktu anggota tim anda bisa saja mengalami stress atau suntuk dan membutuhkan sedikit ruang untuk bersantai sejenak.

4) Warna Ruangan Yang Dapat Meningkatkan Produktifitas

Tahukah kamu jika warna dari sebuah ruang kerja ternyata mempengaruhi produktifitas kerja? Ternyata, selain warna putih atau terang yang pada umumnya dipakai warna ruangan kantor umumnya, ada juga lho warna – warna lain yang dapat membantu produktifitas tim kalian!

Menurut mformcg, warna Biru, Hijau, Merah & Kuning dapat meningkatkan produktiftas kerja seseorang. Sangat mudah bukan?

Nah itu dia 4 tips & cara mudah mendesain ruang kerja kantor agar semakin produktif! Sangat mudah & simple bukan?

Baca juga: Keuntungan Bekerja di Coworking Space Untuk Startup

Dengan mengikuti tips di atas, kalian dapat mendesain ruangan kantor dengan baik dan membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Jangan lupa untuk terus memperbaiki dan menyesuaikan desain ruangan kantor sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan perusahaan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *